Laman

Kamis, 29 September 2011

Beragama Islam Yang Baik dan Benar.

Allah SWT telah memberikan tuntunan kepada kita untuk berislam secara baik dan benar dalam Al-Qur'an, yaitu secara totalitas (kaffah), bukan sebagian-sebagian sesuai yang disenangi saja, karena sesungguhnya hal itu telah mengikuti langkah syetan (QS. 2:208). Sikap kita terhadap Islam yang baik dan benar adalah :

1. Mengimani Islam sepenuh jiwa.
Apapun ajaran yang terkandung dalam Islam harus kita imani sepenuh jiwa tanpa keraguan. Kalau ada hal-hal yang belum dapat kita terima, bukanlah Islam yang salah, namun pemahaman kita yang belum benar terhadap Islam.

2. Mengkaji Islam untuk menguasai Ilmunya.
Iman saja tentu belum cukup. Iman yang baik harus didasari dengan Ilmu yang benar. Tanpa Ilmu yang benar maka iman kita akan mudah goyah dan akan salah arah. Kemudian ilmu apa saja yang harus kita kaji? Ilmu-ilmu tersebut adalah aqidah, hukum syariah, akhlak Islam dan lainnnya.

3. Mengamalkan Islam dalam seluruh aspek kehidupan.
Islam sebagai dienul ilmu dan amal bukan sekedar teori saja. Allah mengutuk orang-orang yang hanya bisa berkata namun tidak mengamalkannya. Setiap ilmu yang telah kita pelajari harus kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja kita mengamalkan sesuai dengan kemampuan maksimal kita (QS.2:286). Namun demikian harus ada dalam niatan kita untuk melaksanakannya kelak.

4. Bersabar dalam Islam.
Islam merupakan ajaran yang ketika dilakukan akan diliputi oleh berbagai cobaan dan godaan yang merupakan ujian bagi keimanan kita. Apabila kita dapat melewatinya dengan baik maka akan mendapat ganjaran surga dari Allah SWT. Berbeda dengan jalan menuju neraka yang diliputi dengan kesenangan duniawi, nafsu syahwat. Namun dibalik itu terdapat siksa Allah yang sangat pedih. Oleh karena itu kita harus bersabar dalam mengamalkan Islam dan komitmen kepadanya.

5. Mendakwahkan Islam (mengajak orang lain).
Mendakwahkan Islam bukan hanya hak prerogatif dari ulama saja, namun setiap individu muslim berkewajiban untuk mendakwahinya, baik kepada diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Rasulullah SAW bersabda "Sampaikanlah walau satu ayat...". Amar ma'ruf nahi mungkar haruslah ditegakkan. Sebab bila tidak maka akan terjadi kerusakan dan kehancuran di muka bumi ini. Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim harus menjadi orang yang shalih (berbuat baik) dan muslih (memperbaiki orang).

Allah memuliakan orang-orang yang berdakwah dan berjuang di jalan-Nya dengan ganjaran yang besar dan dimasukkan sebagai orang-orang yang beruntung (TQS. 3:104)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comment, don't just read. ok?! :)