Laman

Selasa, 18 Januari 2011

Membuat aplikasi menggunakan realBasic

Bahasa BASIC merupakan bahasa populer sejak dahulu kala hingga kini. Bahasa BASIC disukai banyak programer karena kemudahannya serta bahasanya yang cukup familier tanpa mengurangi perfomance kinerjanya. Seiring dengan perkembangan zaman, bahasa BASIC dikembangkan oleh salah satu vendor software ternama yaitu Microsot menjadi bahasa berbasis visual dan diberi nama “Visual Basic” sehingga membuat bahasa BASIC menjadi salah satu primadona di kalangan pembangun perangkat lunak hingga kini.

Peranan besar pihak Microsoft sebagai produsen MS Windows menjadikan Visual Basic mempunyai kemampuan dan kemudahan bagi developer untuk membangun berbagai perangkat lunak bisnis dengan mudah, cepat dan handal.
Sayangnya, Visual Basic sampai saat ini hanya dapat berjalan di atas lingkungan sistem operasi Windows. Untuk kalangan sistem operasi yang lain seperti Linux misalnya, Visual Basic masih belum bisa berjalan optimal walaupun saat ini sudah mulai dirintis sebuah framework berbasis .NET agar dapat menjalankan aplikasi VB.NET di atas platform Linux.

Kondisi seperti ini ternyata telah dianggap sebagai peluang bagi vendor software lain sehingga muncul sebuah tandingan dari MS Visual Basic yaitu RealBasic yang saat ini sudah mencapai REAL Studio 2010 Release 5. Pihak pengembang RealBasic menghadirkan sebuah teknologi kompiler bahasa BASIC berbasis GUI dengan bentuk penyajian yang agak berbeda. Salah satu fitur andalan dari RealBasic adalah adanya kemampuan untuk dapat berjalan diberbagai platform yaitu MS Windows, Linux serta Macintosh, gaya ini mirip dengan aplikasi JAVA yang terkenal dengan semboyan “Create Once, Run Everywhere”. Dengan RealBasic, anda dapat mengkompilasi source code aplikasi di berbagai platform tanpa harus melakukan banyak perubahan kode sebagai yang dijanjikan oleh pihak pengembangnya.

RealBasic saat ini dikeluarkan dalam dua versi, yaitu versi Personal dan Professional. Perangkat lunak ini dapat dicoba dengan cara mengunduhnya langsung dari situs resminya di http://www.realsoftware.com dan jangan lupa untuk melakukan registrasi di situs tersebut agar dapat memperoleh License Key untuk keperluan uji coba (trial) RealBasic selama 30 hari di komputer Anda.

Kelebihan lain yang saya temukan adalah RealBasic mengkompilasi proyek anda kedalam bentuk file EXE tunggal sehingga tidak perlu kuatir akan adanya “DLL Missing” dalam distribusi proyek anda. Selain itu, anda juga akan dibuat berdecak kagum dengan kecepatan eksekusinya dibandingkan aplikasi yang dibuat dengan MS Visual Basic. Hal ini disebabkan RealBasic tidak membutuhkan dan bergantung kepada External Runtime seperti MSVBxxxx.dll atau file library lainnya.

Sebagaimana ungkapan kata-kata bijak yaitu ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan. Kekurangan dari RealBasic sampai saat ini adalah kurangnya dukungan dari berbagai pihak karena bahasa ini masih belum banyak dikenal oleh khalayak umum. Dengan demikian pada beberapa kasus, RealBasic masih sulit digunakan karena sulitnya dokumentasi tambahan serta sedikitnya forum yang bersedia membahas bahasa ini. Sebagai programmer sejati, tidak ada salahnya anda mencoba bahasa satu ini karena saya yakin seiring berjalannya waktu RealBasic akan berkembang menjadi kompiler yang handal dan terpercaya untuk dijadikan sebagai bahasa pemrograman Anda.

Sebagai Tambahan, saya akan memberikan contoh sederhana pembuatan aplikasi sederhana pada realBasic berupa aplikasi dasar pengolahan teks input.

(Saya asumsikan dalam hal ini anda telah menginstall aplikasi realBasic)
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuka form editor, seperti gambar di bawah ini :



Langkah kedua adalah membuat menu-menu pada form, 1 buah EditField untuk input teks, 3 buah PushButton untuk tombol pengoperasian. Seperti gambar di bawah ini :



Langkah selanjutnya adalah menuliskan code, caranya double click pada menu PushBotton1 yang telah kita buat lalu akan muncul form editor, dan tuliskan code ini pada sub Action :
if EditField1.Text = "" Then MsgBox ("Isi nama anda !") Else MsgBox ("Halo " + EditField1.Text + "! apa kabar kamu di sana ??")

Atau seperti gambar di bawah ini :


Langkah selanjutnya adalah menuliskan code-code pada PushButton2 dan PushButton3, untuk PushButton2 isikan code berikut pada sub Action :
EditField1.Text = ""

Untuk PushButton3 isikan dengan code berikut pada sub Action :
Window1.close

Setelah anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka aplikasi ini telah siap untuk di jalankan. Untuk menjalankan aplikasi yang telah kita buat ini caranya adalah dengan menekan tombol RUN seperti gambar di bawah ini :



Lalu aplikasi ini akan berjalan seperti ini :



Selesai..
Selamat mencoba.

Sumber : http://www.night-walker.org/membuat-aplikasi-menggunakan-realbasic.nw



Selesai..


Selamat mencoba.



2 komentar:

  1. Ralbasic telah berganti menajadi Xojo. kalau ada info tentang Xojo yang full bolehlah kiranya email ke mase85_zeda@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong yg punya lisency key bagi donk, belum bisa tebuka nie real basic nya mas

      Hapus

Please leave your comment, don't just read. ok?! :)