Laman

Minggu, 07 Maret 2010

Instalasi file type .tar.gz dan .deb

Tulisan ini membahas bagaimana cara kita mengInstall atau mengUninstall program aplikasi yang menggunakan ekstensi Debian ataupun tar.gz, cara instalasi yang mudah dan cepat juga diterapakan di dalam distro linux dengan menggunakan terminal. Sebelum kita mulai untuk membahas instalasi tentunya kita harus dapat membedakan dan memahami file eksekusi dan file arsip.

File Eksekusi, merupakan file yang dapat mempekerjakan suatu basis data yang mengalir pada suatu prosesor dan file ini biasanya orang sering bilang adalah file yang dapat memunculkan program ataupun aplikasi tertentu seperti open office, gimp, xmms, dan juga totem bahkan aplikasi tambahan yang lainnya. File eksekusi biasanya ditandai dengan dot (.) sebelum jenis program (letak dimana pemilik program) contohnya : .exe (windows), .rpm (linux redhat), .deb (linux debian/ubuntu) dan banyak lagi.

File Arsip, file arsip atau yang lebih dikenal dengan .rar merupakan file arsip yang mengkompres data arsip, dengan kata lain walaupun file tersebut merupakan kompres file esksekusi (.deb, .exe, .rpm) tidak dapat dijalankan secara langsung.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu turunan aja yaitu debian, tapi tidak jauh berbeda dengan perintah seperti pada distro yang lainnya. Berikut cara instalasi nya :

Intalasi Paket debian dan tar.gz
File eksekusi :
$ sudo dpkg -i (paket yang kita install) ——-> perintah install
masukkan password anda
setelah itu proses >>>>>>>>>>>>>>>>>>
File Arsip :
$ sudo xzvf (file arsip .tar.gz) ——————-> Perintah ekstrak file
$ sudo dpkg -i *.deb ——————-> Perintah install all .deb

Cara Uninstall :
$ sudo dpkg -u (paket debian)
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> proses unistall

Demikian yang bisa saya utarakan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comment, don't just read. ok?! :)